Minggu, 06 Mei 2012

TUGAS INDIVIDUAL : Guru yang Baik dan Guru yang Hebat


Elis Siti Nurjanah
41032151111028
Pendidikan Matematika

GURU YANG BAIK DAN GURU YANG HEBAT: Apakah bedanya?
Pertanyaan yang tertuang dalam judul di atas antara lain  dapat dijawab dengan memanfaatkan pandangan Mendikbud RI, Muh. Nuh yang disitir oleh Boy Yendra Tamin ( dalam http:// boyyendratamin.blogspot.com/2011/11/pendidik-profesional- antara-harapan-dan.html ). Menurut Nuh, “Guru yang baik akan menjelaskan sesuatu kepada muridnya sehingga paham, tetapi guru yang hebat adalah guru yang mampu menginspirasi dan memotivasi muridnya, sehingga mampu berbuat sesuatu yang baik dengan kemampuannya sendiri“.
---
TUGAS INDIVIDUAL ( untuk peserta perkuliahan Pembelajaran Menulis )

Pahamilah pernyataan Mendikbud itu, kemudian bacalah kelanjutan uraiannya dalam situs yang ditunjuk. Walau wacana itu sudah agak lama, sangat mungkin Anda belum sempat membacanya sampai tuntas, bukan? Usai membacanya,  jawablah soal berikut berdasarkan pemahaman Anda terhadap isi wacana tersebut.

Selamat membaca, setelah itu berbagilah.

Soal
1.        Identifikasilah :
a)   Ciri-ciri guru yang baik.
Jawab :
Menurut Combs, dkk, dalam Soemanto Wasty (1998), bahwa ciri-ciri guru yang baik adalah :
  1.  Guru yang mempunyai anggapan bahwa orang lain itu mempunyai kemampuan untuk memecahkan masalah mereka sendiri dengan baik.
  2. Guru yang melihat bahwa orang lain mempunyai sifat ramah dan bersahabat dan bersifat ingin berkembang.
  3. Guru cenderung melihat orang lain sebagai orang yang sepatutnya dihargai.
  4. Guru yang melihat orang-orang dan perilaku mereka pada dasarnya berkembang dari dalam; jadi bukan merupakan produk dari peristiwa-peristiwa eksternal yang dibentuk dan yang digerakkan. Dia melihat orang-orang itu mempunyai kreatifitas dan dinamika; jadi bukan orang yang pasif atau lamban.
  5. Guru yang melihat orang lain itu dapat memenuhi dan meningkatkan dirinya, bukan menghalangi, apalagi mengancam.

Prof. Dr. Saroj Buasri (1970) berpandangan bahwa guru-guru yang baik hendaknya mempunyai tiga kualitas besar, yaitu :
  1. Guru yang baik harus mengajar dengan baik. Pengajaran yang baik berasal dari pengetahuan tentang teknik-teknik pengajaran yang sifatnya ilmiah. Ada komitmen untuk mempersiapkan bahan-bahan belajar dan pengakuan atas perlunya memadukan moralitas dengan pengajaran.
  2. Guru baik harus terus belajar dan melakukan penelitian untuk pengembangan dan pengetahuannya.
  3. Guru-guru yang baik harus membantu siswa untuk mengembangkan kemampuannya dalam menerapkan pengetahuan, untuk membantu orang atau masyarakat yang memerlukannya.
b)        Ciri-ciri guru yang hebat.
Jawab :
Ciri guru hebat sebagai berikut :
  1. Ucapan dan intonasinya jelas dan mudah dipahami. Siswa langsung menyerap makna dari ucapan guru tanpa harus berpikir lama dan berputar-putar. Ucapan guru tersistem, mantap, dan berterima dengan kejiwaan siswa.
  2. Bobot keilmuannya sangat dalam dan luas. Sehari-hari, guru hebat mengikuti perkembangan zaman untuk memupuk keluasan keilmuannya. Tren zaman dapat cepat dimaknai oleh guru lalu diolah dengan bahasa guru untuk disajikan ke siswanya.
  3. Orangnya lugas dan sederhana. Karena yang dihadapi adalah siswa bukan orang dewasa, guru hebat selalu menyampaikan keilmuannya dengan lugas dan mudah diterima siswanya.
  4. Bersahabat dan peduli. Guru biasa selalu mengambil jarak dengan siswa karena menurutnya wibawa guru akan terbangun. Namun, tidak untuk guru hebat. Guru hebat bersahabat dengan siswanya sehingga terbangun kedekatan yang akan mempermudah berkomunikasi. Wibawa justru dibangun dari persahabatan antara siswa dengan guru.
  5. Kaya metode dan media. Guru hebat teramat paham kalau siswa itu mudah jenuh, dinamis, dan kreatif. Menurutnya, mengajar harus menyenangkan, dinamis, dan kreatif. Jalan yang harus ditempuh adalah menerapkan pembelajaran dengan multimetode dan multimedia yang sesuai dengan keinginan siswa.

2.     Jika diwajibkan memilih, apakah Anda akan berupaya untuk menjadi “guru yang baik” ataukah ingin menjadi “guru yang hebat”? Mengapa demikian? Tulislah minimal tiga alasan yang mendasari pilihan Anda itu.
Jawab :
Menjadi guru yang hebat.
Alasannya :
  • Agar bisa menjadi inspirasi bagi peserta didik, karena inspirasi dari seorang guru baik secara langsung maupun tidak langsung mampu mengubah pola pikir peserta didik ke arah yang lebih baik.
  • Menjadi motivator, untuk membangun semangat peserta didik dalam proses belajar mengajar yang lebih kreatif dan inovatif.
  • Menjadi seorang sahabat bagi peserta didik, agar dapat memahami persoalan yang di hadapi oleh peserta didik baik lingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat.

3.        Bagaimanakah profil ideal guru Bahasa Indonesia di era globalisasi ini? Jelaskanlah menurut sudut pandang Anda masing-masing.
Jawab :
  1. Guru ideal adalah guru yang dapat membagi waktu dengan baik. Dapat membagi waktu antara tugas utama sebagai guru dan tugas dalam keluarga, serta dalam masyarakat.
  2. Guru ideal adalah guru yang rajin membaca. Membaca tidak terikat waktu, ruang dan tempat. Tidak terikat waktu karena membaca dapat dilakukan kapan saja, bergantung keinginan dan waktu luang.
  3. Guru ideal adalah guru yang banyak menulis. Menulis juga tidak terikat ruang, waktu dan tempat.
  4. Guru ideal adalah guru yang gemar melakukan penelitian. Cikal penelitian adalah adanya masalah. Seorang peneliti tidak akan percaya masalah dapat diselesaikan tanpa penelitian.
Setelah membaca uraian di atas menurut saya guru yang ideal itu bisa mencakup semua bidang, agar dapat mengerjakan suatu pekerjaan dengan maksimal. Seorang guru  tidak hanya berperan dalam dunia pendidikan, tetapi di dalam masyarakat juga bisa dengan cara memberi contoh-contoh yang baik dan benar kepada masyarakat sekitar.

4.      Adakah manfaat yang Anda peroleh setelah membaca wacana itu? Jika ada, tulislah semua manfaat yang dapat Anda petik darinya.
Jawab :
Ada, manfaat yang saya peroleh dari bacaan tersebut :
  • Menambah pengetahuan baru.
  • Memberi motivasi bagi saya untuk terus belajar.
  • Memberikan inspirasi untuk mengajar dengan baik.
  • Menciptakan ketertarikan untuk mencari informasi lain mengenai pendidikan.
Daftar Pustaka
  1. Nazwadzulfa.2009.”Ciri-ciri Guru Yang Baik dalam Mengelola Pembelajaran”. Tersedia : http://nazwadzulfa.wordpress.com/2009/11/20/untuk-sahabatku-lesdoup/ [5 Mei 2012].
  2. Dr. suyanto M, Pd.2011.”Ciri-ciri guru yang hebat”. Tersedia : http://garduguru.blogspot.com/2011/11/ciri-ciri-guru-hebat.html [5 Mei 2012].
  3. Sambas bara.2010.”GURU IDEAL DI ERA GLOBALISASI”. Tersedia : http://www.pelitakarawang.com/2010/04/guru-ideal-di-era-globalisasi.html [ 5 Mei 2012].








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar