Rabu, 11 April 2012

BAHASA INDONESIA Latihan 1

Mata Kuliah    : Bahasa Indonesia                               
Dosen            : Hj. Isna Sulastri, Dra. M. Pd.
Nama             : Elis siti Nurjanah
NIM               : 41032151111028
Tanggal           : 11 April 2012

BAGIAN
Petunjuk
1.  Kerjakanlah soal di bawah ini dengan cara menghitamkan huruf B jika pernyataan yang terdapat dalam soal, Anda anggap benar dan hitamkan S jika salah. Contoh jika jawaban betul: ( B-S ).
2.   Jawaban ditulis langsung pada lembar soal ini. Untuk ini silakan dikopi paste terlebih dahulu.
3.   Pengetikan soal ini belum tertata rapi maka rapikanlah dalam blog Anda.

SOAL
1. Tujuan utama perkuliahan Bahasa Indonesia adalah untuk menumbuh kembangkan keterampilan berbahasa mahasiswa, baik lisan atau pun tulisan ( B - S ).
2. Salah satu upaya menumbuh kembangkan keterampilan berbahasa mahasiswa    adalah dengan menumbuhkan kesadaran berbahasa Indonesianya terlebih dahulu ( B - S ).
3.  Kesadaran berbahasa seseorang tidak dapat dilihat  dari tanggung jawab dan sikapnya  terhadap bahasa  Indonesia ( B - S).
4.  Mahasiswa Program Studi Matematika tidak perlu memiliki kesadaran berbahasa Indonesia sebab mereka tidak akan menjadi guru bahasa Indonesia ( B – S ).
5.   Membiasakan diri berbahasa sesuai kaidah bahasa Indonesia terutama di dalam forum-forum resmi, merupakan wujud tanggung jawab seseorang terhadap bahasanya ( B – S  ).
6.      Menurut Mansoer Pateda, tanggung jawab terhadap bahasa dan berbahasa dapat diwujudkan hanya dalam bentuk partisipasi formal ( BS ).
7. Pengguna bahasa yang berpartisipasi secara formal, biasanya dengan kesadaran sendiri berusaha untuk menjadi peserta aktif dalam setiap kegiatan kebahasaan ( B – S ).
8.     Mahasiswa Program Studi Matematika idealnya berpartisipasi dalam kegiatan pembinaan bahasa,  minimal dalam bentuk partisipasi formal ( B - S ).
9.    Salah satu contoh partisipasi formal yang dapat dan patut dilakukan mahasiswa  Program Studi Matematika adalah berupaya untuk selalu berhati-hati dalam berbahasa sehingga bahasa yang digunakannya senantiasa tertib dan terpelihara ( B S ).
10.  Mampu menghafal kaidah bahasa Indonesia dengan baik tanpa berlatih mengimplementasikannya belum menjamin seseorang akan menjadi pengguna bahasa yang baik ( B – S ).
11.   Mahasiswa Program Studi Matematika yang sudah berusaha untuk berbahasa sesuai kaidah        bahasa Indonesia dalam forum-forum resmi, merupakan pertanda bahwa dia sudah memiliki kesadaran berbahasa ( B S ).
12.    Kalimat efektif biasanya tidak komunikatif ( B S ).
13.    Kalimat yang ambigu termasuk salah satu contoh kalimat efektif ( B - S )
14.    Kalimat ambigu adalah kalimat yang tidak memiliki struktur yang lengkap ( B - S ).
15.  Penggunaan bahasa Indonesia  yang baik dapat dilihat antara lain dari keefektifan kalimat serta ketepatan diksi dan ejaannya ( B - S).

BAGIAN B
Petunjuk
Jawablah soal berikut dengan mempergunakan bahasa Indonesia yang baik dan bernalar karena bahasa jawaban Anda termasuk bagian yang dinilai.

SOAL
Ada pernyataan yang berbunyi, “Maju mundurnya suatu bahasa sangat ditentukan oleh kesadaran berbahasa pemakai bahasa itu sendiri”.
1.   Setujukan Anda dengan pandangan tersebut? Apa alasannya?  Tulislah argumentasi Anda terkait  ini dalam satu paragraf.
Jawab :
Setuju, karena bahasa merupakan identitas suatu bangsa. Jika suatu bangsa tidak mempunyai identitas berbahasa maka akan terjadi kekacauan. Bahasa merupakan sebuah alat berkomunikasi baik dengan sesama warga negara Indonesia maupun dengan warga negara lain.

2. Tulislah minimal lima ciri orang yang memiliki Kesadaran Berbahasa. Uraikan masing-masingnya dengan singkat.
Jawab :
  1. Selalu berhati-hati menggunakan bahasa. Seorang pengguna bahasa yang memiliki kesadaran berbahasa akan  sangat berhati-hati dalam menggunakan bahasa Indonesia.
  2. Tidak merasa senang melihat orang yang mempergunakan bahasa secara serampangan. Seseorang     yang memiliki kesadaran berbahasa, akan merasa tidak senang apabila bahasa nasionalnya digunakan secara serampangan oleh orang lain.
  3. Memperingatkan pemakai bahasa kalau ternyata ia membuat kekeliruan. Seorang pengguna bahasa yang memiliki kesadaran berbahasa akan memperingatkan dan memberitahukan tentang kesalahan berbahasa seseorang dan menjelaskan bagaimana seharusnya ia menggunakan bahasa yang baik dan benar.
  4. Tertarik perhatiannya kalau orang menjelaskan hal yang berhubungan dengan bahasa. Seorang yang memiliki ciri kesadaran berbahasa akan selalu tertarik dalam hal yang berhubungan dengan berbahasa.
  5. Dapat mengoreksi pemakai bahasa lain. Seorang yang memiliki kesadaran bahasa pasti mampu mengoreksi pemakai bahasa lain apabila ia melakukan kekeliruan dalam penggunaan bahasa.
  6. Berusaha menambah pengetahuan tentang bahasa tersebut. Seseorang yang memiliki kesadaran berbahasa pasti akan sangat senang  belajar bahasa, maka ia akan berusaha mencari informasi dan mempelajari pengetahuan tentang bahasa tersebut.
  7. Bertanya kepada ahlinya kalau menghadapi persoalan bahasa. Apabila seseorang yang memiliki kesadaran berbahasa menemukan persoalan mengenai bahasa, maka ia akan langsung bertanya kepada ahlinya sehingga persoalan tersebut dapat diselesaikan dengan baik.
3.    Sudahkah Anda memiliki kelima ciri tersebut? Jelaskanlah dengan argumentasi yang bernalar.
Jawab :
Belum, karena saya belum memilki ciri orang yang mempunyai kesadaran berbahasa. Kadang saya sangat malas sekali membaca apalagi membaca buku pelajaran, saya menyadari kebiasaan buruk tersebut sangat tidak baik bagi saya sendiri. Oleh karena itu saya harus meningkat sedikit demi sedikit keterampilan berbahasa saya, melalui mata kuliah Bahasa Indonesia.

4. Upaya apakah yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa  Anda? Jelaskanlah.
Jawab :
Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa saya yaitu dengan pembelajaran Bahasa Indonesia. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat empat aspek yaitu menyimak , berbicara, membaca , dan menulis. Dari keempat aspek tersebut, kita dapat mengembangkan keterampilan berbahasa kita, oleh karena itu kita harus mengembangkan potensi yang ada dalam diri melalui :
  • Belajar menyimak.
  • Belajar berbicara sesuai dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar , dapat dilatih dengan cara menggunakan Bahasa Indonesia yang benar dalam kehidupan sehari-hari baik dalam forum formal maupun informal.
  • Membaca, melatih keterampilan kita dalam berbahasa dengan cara banyak membaca buku. Selain menambah ilm pengetahuan, secara tidak langsung membaca juga dapat mengembangkan keluwesan dan kefasihan dalam bertutur kata.
  • Menulis, dengan menulis kita dapat mengembangkan kemampuan berbahasa kita. Karena dengan menulis, kita dapat menciptakan ide-ide baru. Berlatih menulis tidak harus selalu dengan membuat sebuah tulisan karya  ilmiah.


Penyusun                    
Bandung, 27 April 2012        



            Elis Siti Nurjanah     
  NIM. 41032151111028       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar